Kamis, 29 Januari 2015

Empat Gunung dengan Letusan Terdahsyat di Indonesia

Indonesia memiliki lebih dari 130 gunung berapi aktif, paling banyak di antara negara manapun di dunia. Gunung-gunung itu berderet di seluruh wilayah Indonesia dari barat ke timur membentuk formasi seperti busur. Mayoritas gunung api ini terletak di sepanjang dua kepulauan terbesar Indonesia, Jawa dan Sumatera.


Namun dari seluruh gunung berapi di Indonesia, ada empat gunung yang mengalami letusan paling dahsyat. Berikut ini keempat gunung terebut:

1. Gunung Tambora
Letusan Gunung Merapi yang begitu dahsyat pada tahun 2010 ternyata belum apa-apa dibandingkan dengan letusan gunung Tambora tahun 1815. Letusan gunung yang terdapat di Jateng itu mencapai level 4 skala Volcanic Explosivity Index (VEI). Bandingkan dengan letusan Gunung Tambora di Nua Tenggara pada tahun 1815 yang mencapai skala VEI : 7.

Saat itu letusan gunung raksasa setinggi 4,300 meter itu mengalami erupsi dari April hingga Juni pada tahun itu dan mengguncangkan dunia dengan after-effect-nya yang mengubah stratosfir dan menyebabkan kelaparan yang buruk hingga ke AS dan Eropa pada abad ke 19.

Batu merah berpijar berterbangan di angkasa ketika gunung tersebut meletus. Semua tumbuh-tumbuhan yang ada di kawasan Gunung Tambora berguguran karena lahar dan awan beracun. Secara keseluruhan lebih dari 71,000 orang tewas karena terbakar, kelaparan ataupun keracunan.

2. Krakatau
Lalu ada letusan Gunung Krakatau pada tahun 535 yang menyebabkan terpisahnya daratan Sumatera dan Jawa. Gunung Krakatau kembali meletus dengan dahsyat pada tahun1883 dengan skala VEI : 6. Saking hebatnya letusan itu sampai-sampai gunung yang terletak di Selat sunda itu hanya menyisakan pulau Anak Krakatau, yang sampai sekarang masih sangat berbahaya. Ledakan yang terjadi pada Agustus 1883 memiliki kekuatan 13.000 kali lebih besar dari bom Hiroshima. Suaranya terdengar hingga  ke Perth Australia.

Muntahan lebih dari 21 kilometer kubik batu dan debu membumbung hingga setinggi 70 mil. Secara resmi, lebih dari 37,000 orang tewas. Namun dengan tsunami yang ditimbulkannya, korban sepertinya bisa lebih besar lagi.

3. Gunung Kelud
Gunung Kelud yang ada di Blitar termasuk gunung yang sering meletus. Namun letusan terbesar gunung ini terjadi pada pada tahun 1586 dan diperkirakan memakan korban mencapai 10.000 orang. Menurut Rovicky Putrohari, geologi pengamat energi, kebencanaan dan lingkungan dalam blognya, rovicky.wordpress.com, letusan tahun 1856 itu diperkirakan memiliki kekuatan Volcanic Explosivity Index (VEI)= 5.

4. Gunung Toba
Laman Smithsonian National Museum of Natural History menyebutkan letusan dikelompokkan ke dalam delapan tingkatan. Setiap tingkat dikelompokkan berdasarkan jumlah material yang dimuntahkan gunung api.

Letusan Gunung Toba yang terjadi 77 ribu tahun lalu, misalnya, menyemburkan 3.000 kilometer kubik material dari perut Bumi, membuat letusan ini sebagai yang terbesar dalam sejarah manusia, sekaligus menempatkannya pada indeks 8. Peninggalan letusan itu berupa Danau Toba yang ternyata merupakan kaldera raksas gunung berapi yang kehilangan bagian badannya karena letusan yang dahsyat.




Recent Posts